JellyMuffin.com - The place for profile layouts, flash generators, glitter graphics, backgrounds and codes
GLAMOUROUS AND FRENETIC WORLD OF INDONESIA
4/05/2008

Artis Populer "Lilis Suryani" Penyanyi Gang Kelinci

0 comment

Lilis Suryani, pelantun lagu Gang Kelinci yang amat populer era 1960-an, meninggal dunia, Minggu 7 Oktober 2007 pukul 21.30 di rumahnya di Jalan Haji Namam, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Penyanyi kelahiran Jakarta, 22 Agustus 1948, itu meninggal akibat penyakit kanker rahim yang dideritanya empat tahun.Pemakamannya diurus oleh Pemprov DKI Jakarta Senin 8/10 di Taman Pemakaman Umum Pondok Kelapa. Lilis meninggalkan seorang suami, tiga anak, dan tujuh cucu.

Lilis Suryani memulai karier sebagai penyanyi saat masih berusia 15 tahun pada 1963. Lagu Gang Kelinci karya Titiek Puspa melambungkan namanya sontak terkenal. Lagu itu berkumandang di rumah gedung sampai lorong-lorong kampung serta digemari anak-anak hingga orang dewasa.

Lilis adalah seorang penyanyi yang sempurna. Selain penyanyi dia juga pencipta lagu. Dia telah menciptakan 50 lagu antara lain Tiga Malam, Hadiah Ulang Tahun dan Hesty selama lebih dari 40 tahun kariernya di dunia tarik suara. Termasuk lagu yang diciptakan khusus untuk Presisden Soekarno berjudul Paduka yang Mulia dan Muhibah. Dia memang seorang artis yang dikenal dekat dengan Presiden Pertama RI itu. Soekarno.

Gang Kelinci
Inilah sepenggal lirik lagu Gang Kelinci yang memomulerkan nama Lilis Suryani: "Jakarta kotaku indah dan megah/ Di situlah aku dilahirkan/ Rumahku di salah satu gang, namanya Gang Kelinci...." Lagu itu membuatnya menjadi amat populer sebagai penyanyi yang lahir di lorong-lorong kehidupan rakyat dari semua golongan, kaya-miskin, kota-desa. Titiek Puspa sebagai pencipta lagu Gang Kelinci itu menuturkan bagaimana proses penciptaan lagu itu. Suatu hari (1963) Lilis Suryani yang masih berusia 15 tahun datang menemui Titiek Puspa di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat. Gadis bertubuh mungil yang belum dikenal oleh Titiek itu meminta tolong bikinkan lagu untuk dinyanyikannya.

Lilis dengan sabar seharian menunggui berharap Titiek membuat lagu, tetapi belum juga dibuatkan. Akhirnya hati Titiek terketuk melihat kegigihan gadis mungil itu. Lalu ketika hari telah menjelang sore, Titiek mengantarkan Lilis pulang ke rumahnya di Gang Kelinci, Pasar Baru dengan naik becak.

Sesampai di Gang Kelinci, Titiek melihat rumah itu uyek-uyekan, amat padat, anak-anak pating kruntel, berjubelan. Selokannya pun bau. Kondisi Gang Kelinci itu melahirkan inspirasi bagi Titiek. Ketika naik becak pulang, muncul ide menulis lagu berjudul Gang Kelinci. Sesampai di rumah, Titiek segera menulis, dan jadilah Gang Kelinci.

Lagu Gang Kelinci direkam dan amat populer bertahun-tahun. Ia menjadi lagu rakyat yang digemari dan dinyanyikan di seantero negeri, mulai dari rakyat di gang-gang sampai pemimpin bangsa di Istana.

BIODATA
Nama:Lilis Suryani
Lahir:Jakarta, 22 Agustus 1948
Meninggal:Jakarta, 7 Oktober 2007
Profesi:Penyanyi dan Pencipta Lagu
Alamat Rumah Keluarga:Jalan Haji Namam, Pondok Kelapa, Jakarta Timur
Golden Hits Memory:1. gang kelinci,2. hari ulang tahun,3. lenggang kangkung,4. seringgit dua kupang,5. tasmasya ke tawangmangu,6. asmara,7. kisah cinta,8. curahan hati,9. suling bambu,10. airmata,11. tandak sambas,12. dayung palembang,13. cing tulungan,14. baju loreng,15. aseng macan glodok,16. terbang lalat,17.pantun jenaka,18. tepuk tangan,19. kisah ali baba,20. gadis sakura,21.alun-alun,22. jango,23. hantu,24. ratapan sang bayi,25. tinggal menungu waktu,26. minggu lalu,27. dusunku,28. Teringat kampung halaman .

What next?

You can also bookmark this post using your favorite bookmarking service:

Related Posts by Categories



JellyMuffin.com - The place for profile layouts, flash generators, glitter graphics, backgrounds and codes
JellyMuffin.com - The place for profile layouts, flash generators, glitter graphics, backgrounds and codes